Tuesday, April 15, 2008

Sanggu, The Orchid Store.....


Kali ini jenis belanjaan gw berbeda bo!...Demi  memenuhi titipan nyokap untuk mebawakan Anggrek Hitam, gw yang tadinya cuma berniat mencari si Hitam itu malah memborong si coklat, si tebu merah, si tebu putih ..(udah kayak sinetron aja,,Bawang Merah Bawang Putih), mutiara, padi, kantong semar, kantong belanja,…halah..ga tau lagi deh gw lupa nama –namanya ..

Gw agak tergagap – gagap waktu ngeliat banyaknya species anggrek yang warna, bentuk dan karateristiknya berbeda-beda. Dari kurang lebih 35.000 jenis anggrek yang ada didunia, di Kalimantan sendiri diperkirakan ada 3000 jenis anggrek dan berbagai species anggrek langka banyak terdapat di hutan Kalimantan Tengah.

Desa Sanggu yang terletak di kecamatan Dusun Selatan, kabupaten Buntok, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, merupakan Desa wisata dimana sebagian besar penduduknya membudidayakan anggrek sebagai komoditas. Hampir diseluruh rumah penduduk terdapat deretan tanaman anggrek yang disusun dengan rapi.  Di Desa ini  terdapat Sungai Air Hitam (dengan ekosistem air hitamnya) dan mempunyai dua danau yang dipisahkan oleh daratan kecil, yang airnya berwarna coklat seperti teh pekat. Danaunya sendiri  sangat khas yaitu penuh dengan bunga bakung yang ditumbuhi anggrek pensil.

Btw, di tengah Danau Sanggu terdapat “moving island”, yaitu sebuah pulau kecil yang dipenuhi tumbuhan anggrek yang mana pulau itu bergerak sesuai dengan arah angin, jadi pulaunya ga menetap. Sayangnya waktu sampai di Sanggu sudah menjelang sore dan mendung banget sementara gw belum nyariin pesanan nyokap jadi gw ga sempat liat pulau itu bergerak…

Trus secara gw cuma asal aja belanja anggrek, sesampainya ditangan nyokap dan ditanya speciesnya gw pukul rata aja…”anggrek hitam semua..” kata gw nyantai..

2 comments:

Iken Margaretha said...

by the way ini sapa yang motret...? kok cenggih kalee..?

francesca ken said...

akhirnya hasil jepretan gw dibilang "cenggih" juga sama kungfu master pose2 snapshot...hahaha...padahal baru aja gw mau nulis blog yang menyatakan keminderan gw dalam menjepret..