Saturday, November 21, 2009

Drop The Water at Marina Barrage, Singapore




Lets try to forget about shopping while visit Singapore karena di negara yang penuh peraturan dan disiplin itu sekarang ada tempat wajib yang harus dikunjungi. Berwisata ke Marina Barrage kita diajak untuk merenungi pentingnya air dalam kehidupan kita..*jadi feeling quilty banget karena suka sikat gigi sambil keran tetap ngucur*.
Officially opened on Nov 1, 2008, Marina Barrage merupakan proyek bendungan yang berfungsi untuk membantu menahan air laut yang pasang, ketujuh pompa drainase raksasa berkekuatan besarnya mampu melimpahkan air laut ketika pasang.
MB juga berperan serta mengatasi persoalan banjir di beberapa daerah di Singapura yang letaknya lebih rendah seperti di Chinatown dan Geylang, pintu dam nya yang terdiri dari 9 gerbang baja yang dibangun sepanjang 350m dan tinggi 5m dibuka untuk membuang kelebihan air ke laut.
Selain itu MB juga dilengkapi dengan tehnologi sistem solarcell yaitu mengubah sinar matahari menjadi tenaga listrik. Ck.ck..ck.., two tumbs lah buat Singapore.
Selain bendungan, Marina Barrage juga memiliki Sustainable Singapore Gallery atau semacam museum air dimana didalamnya banyak simbol-simbol menarik yang mengangkat tema lingkungan hidup mulai dari pohon organik rekaan, koran-koran bekas, botol plastik daur ulang. Semuanya remind us supaya kita selalu menjaga lingkungan.
Bukan cuma pengetahuan yang kita dapat ketika mengunjungi tempat wisata MB ini. Diatas lahan seluas 10ha ini kita juga dapat berdarmawisata bersama keluarga karena di luar bangunan sendiri banyak spot yang bisa digunakan baik untuk santai-santai, atraksi maupun hanya narcis dengan Singapore Flyer as a background :D..


How to go there?
MB terletak di 260 Marina Way, setiap 15-30 menit ada layanan shuttle bus gratis dari Marina Bay MRT Station ke Marina Barrage. Tidak dipungut bayaran alias gratis untuk masuknya. MB buka mulai pukul 09:00-18:00 pada hari kerja.Pada akhir pekan dan hari libur dibuka lebih panjang mulai pukul 10:00-20:00 . MB tutup pada hari Selasa.

No comments: