Sunday, March 6, 2011

Ruang Terbuka Hijau




Lebih dari setengah populasi dunia sekarang ini tinggal di perkotaan. Kota terus menerus diperluas keluar dengan perencanaan pertumbuhan yang tidak memadai seperti pembangunan perumahan dan pembangunan jalan serta penambahan kendaraan bermotor yang semuanya itu berdampak, salah satunya, pada peningkatan emisi karbondioksida . Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar 70 % penduduk perkotaan di dunia sesekali menghirup udara tidak sehat, 10 % menghirup udara yang bersifat marjinal, sisanya menghirup udara dengan kadar udara beracun. Dengan semakin bertambahnya populasi penduduk di masa yang akan datang, tentunya kita tidak ingin suatu hari nanti anak cucu kita akan hidup dengan keadaan lingkungan yang dikelilingi oleh bangunan padat dan polusi udara yang buruk.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan fasilitas umum yang dapat menjadi pola pembangunan kota yang berlanjutan dimana fungsinya tidak hanya sebagai tempat rekreasi, kegiatan olahraga dan kegiatan-kegiatan masyarakat lainnya namun juga berperan sebagai paru –paru kota atau filter udara. Pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang ditanam dapat memasok kebutuhan oksigen dan menyaring kotoran udara.

Anyway, kapasitas lingkungan untuk mengatasi tekanan dengan adanya pertumbuhan dimasa depan ini terbatas ini terbatas sehingga kita juga diharapkan mampu mengimbangi efek negatifnya. Please jaga kelestarian RTH dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga fasilitas public lainnya dengan tidak mencoret-coret, mencabut tanaman, tidak memanfaatkan sebagai tempat berdagang apalagi kencan :(

Lokasi : Taman Adyodya & Taman Menteng, Jakarta
hunting bareng gank NINJA...

6 comments:

Johanes Jonaz said...

nice capture!

francesca ken said...

kecil2 udah cakep gitu..gimana gede :p

Johanes Jonaz said...

curiga ini anak kamu ya? mirip bule2nya gitu... hehhehe

Nekopinku Pinku said...

hay2, are u an urban planner or architect? nice post! :D

francesca ken said...

hi..thanks for your comment..actually im just a - here and there - ordinary people. nice to meet you, pink cat :D

Nekopinku Pinku said...

hehe.. it's so nice to share those 'urban' things :D