Wednesday, May 1, 2013

Sunda Kelapa, Old Harbour Jakarta ( February 2013)


Jakarta tidak hanya menawarkan gemerlap kota metropolitan &  modernasisasi namun juga keindahan masa lalunya. Salah satunya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi cikal bakal kota Jakarta. Pelabuhan bersejarah ini pada masa kejayaannya adalah merupakan pelabuhan terpenting dan terkenal sejak abad ke – 12 karena posisinya yang strategis sebagai pusat perdaganagn di Asia. 


Sejumlah kapal- kapal asing melakukan transaksi jual beli disini sehingga tidak heran bangsa Eropa berusaha untuk menguasainya. Walaupun beberapa kali pelabuhan ini berganti nama namun pada akhirnya kembali “Sunda Kelapa” digunakan sebagai nama resmi pelabuhan bersejarah ini. 



Pinisi atau kapal layar traditional  merupakan salah satu roda penggerak ekonomi di pelabuhan Sunda Kelapa. Meskipun saat inii jumlah pinisi telah banyak berkurang digantikan oleh kapal besi namun keberadaan pinisi  telah menjadi catatan sejarah bangsa yang tak terlupakan.

Kelangkaan Pinisi salah satunya adalah semakin berkurangnya bahan baku pembuatan terutama kayu yang berkualitas.  Pinisi memilik keseimbangan yang stabil ketika berada di tengah samudera. itulah sebabnya sampai saat ini pinisi masih di pertahankan untuk membawa barang dari daerah ke daerah lain. 

No comments: