Sunday, August 31, 2008

Try Garut...

Kota Garut yang terletak 120 km dari Bandung merupakan salah satu tujuan wisata didaerah jawa barat yang juga menjadi priority saya. Saya begitu mencintai Garut dengan ukuran small nya, yang ga bosan-bosannya ditelusuri dan juga cipratan-cipratan daerah cantik disekitarnya. Meskipun cuma pernah menghabiskan hampir 3 bulan di Garut waktu KKN dulu..dan kebetulan saya sering menemani seorang kawan menjelajah langit di gunung Haruman, kota itu membuat saya merasa excited ketika menentukan next destination trip.
Ini yang bikin
kangen..
Cipanas
Objek wisata atau yang lebih dikenal dengan pemandian air panas cipanas terletak di Kec. Tarogong. Letaknya sebelum sampai di Kota Garut, dari arah Jakarta setelah kecamatan Leles. Sign nya sangat jelas sepanjang jalan mengingat ini adalah best sellernya wisata Garut. Di daerah wisata ini banyak tersedia penginapan dari yang kelas OK sampai GA OK..dan rata - rata mereka membangun kamar mandi berupa bath up alam (kolam pribadi)..yang airnya langsung mengalir dari sumber mata air panas Gunung Guntur..
recomended deh.
Candi Cangkuang
Candi Cangkuang dapat dicapai dengan ojek ataupun dokar dari kecamatan Leles dengan jarak +/- 2 Km. Walaupun dapat dicapai full totally jalan darat namun dapat pula kita menyambung dengan menyeberangi situ cangkuang dengan getek (rakit bambu). Candi yang terletak di wilayah Cangkuang merupakan peninggalan Hindu abad ke -8. Apa yang menarik dari tempat wisata ini adalah Kampung Pulo dengan sejarahnya, dimana ada beberapa keharusan yang harus dipatuhi penduduk kampung Pulo, misalnya tidak boleh lebih dari 6 KK yang mendiami kampung tsb dan pewaris rumah adat adalah wanita. Maka apabila seseorang laki - laki telah menikah maka dia harus meninggalkan kampung tersebut paling lama 2 minggu setelahnya. Hal ini sesuai dengan adat leluhur jaman dahulu dimana ketika Arif Muhammad sebagai penyebar agama Islam pertama disitu meninggalkan 6 wanita dan 1 Pria ketika wafat. Di Kampung itu juga tidak diperbolehkannya memelihara ternak besar berkaki 4 seperti kambing, sapi sehingga mata pencaharian mereka selain bercocok tanam, juga menjala ikan dari danau dan berdagang buat pengunjung situs...serta...dilarang membunyikan gong besar.
Sambal Cibiuk
Cibiuk sebenarnya adalah nama tempat yang terletak di kaki gunung Haruman. Dulu Sambal Cibiuk belum se-ngetop sekarang ini. Biasanya kalo kita terbang maka destination landingnya salah satunya adalah di desa Cibiuk dan selalu mengisi perut dengan sambal khas daerah ini plus ikan nila goreng garing..(aduh..sampai ngacai nulisnya). Khasnya adalah tomat hijaunya..cuma ga tau ya rasanya koq cihuyy habis...
Jl.Cileduk
Secara di Garut, jaman - jamannya dulu , cuma ada 1 pusat perbelanjaan ASIA..maka belanjanya beralih ke jajan kuliner. Tiap malam di jalan Cileduk di kota Garut berjejer sepanjang jalan penjual jajanan baik yang traditional maupun modern..kayaknya kalau kapasitas perut bisa overload semua pengen dimakan deh..
Kampung Sampireun
ini adalah salah satu daya jual wisata kota Garut yang belum lama booming, merupakan suatu Resort dengan nuansa perkampungan sunda, terletak di kampung Ciparay Kacamatan Samarang. agak lumayan jauh tapi ga rugi begitu sampai disana. Kampung Sampireun sendiri diambil dari nama Situ (Danau) Sampireun yang berarti Tempat Singgah.


(no picture..belum ada))





.

No comments: