Wednesday, October 29, 2008

Diving Sanghiang




Pulau Sanghiang terletak sekitar 10km dari Anyer , Propinsi Banten . Pulau ini, dapat dicapai dengan boat yang bisa kita sewa dengan harga yang lumayan waktu itu kita sewa 2,5jt PP dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dengan luas kurang lebih 780HA, pulau Sanghiang -atau Sangyang -sekarang tidak lagi memiliki pantai karena pasirnya habis dikeruk dan hutan mangrovenya (bakau) habis dibabat. Ini merupakan pengerusakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang diberi ijin oleh Departemen Kehutanan untuk mengelola Taman Wisata Alam setelah status cagar alam pulau tersebut dicabut. Namun yang terlhat malahan penghancuran terumbu karang (coral reef), hutan bakau (mangrove), laguna dan pengerukan pasir di pinggir pantai yang mengakibatkan pulau ini tidak lagi memiliki pantai yang landai.
Pulau yang terletak di selat Sunda ini dahulu juga merupakan volcanic island, thats why letaknya satu komplek dengan Krakatau yang masih aktif sampai sekarang. Saat ini Pulau Sanghiang mencoba mencari perhatian dengan keindahan dasar lautnya buat yang mau snorkling. Ada beberapa tempat dimana kita masih bisa liat ikan warna warni..
Jangan lupa bawa persediaan makanan dan minum kalo kita berniat ke sini karena ga ada warung..trus kalo rencana PP sebaiknya berangkatnya jangan terlalu siang karena kalau sudah sore ombaknya besar. rugi dong udah nyewa boat mahal-mahal cuma sebentar disana..btw, kalo beruntung along the way kesana kita bisa liat lumba-lumba..and i am the lucky one.

No comments: