Sunday, March 15, 2009

Through the West Sumatera




Memasuki langit diatas Sumatera Barat yang tampak pertamakali adalah bentangan bukit. Padang dulunya merupakan perkampungan nelayan kecil dengan pemukiman di tepi air meskipun lebih dari 60% luas Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah perbukitan yang ditutupi hutan lindung dan sisanya merupakan daerah efektif perkotaan dengan garis pantai sepanjang 84km. Selain memilik banyak sungai, Padang juga memiliki banyak bukit sehingga wilayah daratan Kota Padang memiliki ketinggiannya yang sangat bervariasi. On Landing positition keliatan lautnya berwarna hijau (beda banget sama kalau mau mendarat di Lombok) dengan garis pantai yang jelas seolah memagari kota, dengan wecome note “ already prepare your sunblock?”..Yachh…sama aja sih. Dimana-mana juga panas. Tapi terus terang di Padang gw membutuhkan lebih banyak Paramex karena selain ternyata panasnya memang membuat keringat mengalir trus dalam keadaan terik begitu kalau kita naik angkot mau pecah kepala karena angkot di kota Padang sangat unik. Hampir seluruh angkutan umum di Kota Padang menservice penumpangnya dengan sound system yang gila-gilaan, mulai dari kaset , CD, TV mobil, sampai karaoke (sempat gitu?)..mulai dari lagu minang sampai Bon Jovi dan dengan desible yang ga kira-kira. 1 lagi uniknya angkot di Padang keren-keren..ceper dan hampir semuanya di brush dengan nice painting..bagus sih cuma drivernya masih muda-muda jadi alamak….nyetirnya ga beraturan gitu. Doohh , meskipun ongkosnya murah cuma 2000rp jauh dekat lumayan sport jantung. Selain angkot, ada juga taxi tanpa argo. Dari Bandara ke kota di patok harga 80.000 – Rp. 100.000…jadi pake argo mulut kata teman saya (maksudnya siapa yang menang nawar itu yang dapet).
Dulu saya heran sama habbit teman sekantor yang asli orang Padang karena hamper setiap lunch dia pesan makanan Padang. Pas sampai sini ga heran lagi karena memang mereka addict banget sama makanan Padang. Mulai dari sarapan, lunch sampai dinner, makanan padang terus apalagi kalau di Padang ternyata sambelnya selalu di kasih “button from heaven” alias jengkol..tinggal gw deh yang susah karena ga begitu suka makan makanan Padang soalnya porsinya sekali makan untuk seminggu buat gw..hiks..
Mmm..as usual curi-curi waktu meskipun cuma 15 menitan , gw sempat beli es duren yang emang enak banget dimakan pas siang-siang meskipun habis itu rasanya kayak ditimpa duren beneran soalnya porsinya gede ajahh..(halah kunaon porsinya pada banyak-banyak ya?) trus beli makanan khas Padang, kripik sanjai di toko yang sudah direkomendasikan teman-teman. Kebetulan tokonya terletak ga jauh dari jembatan Siti Nurbaya jadi ya narcis dulu dong. Kalau siang jembatan ini sepiiii banget, kotras kalau malam minggu yang sampai macet soalnya dijadikan tempat nongkrong anak muda sambil makan jagung bakar..(yaiyalah sapa juga yang mau nongkrong siang-siang secara panasnya bikin melting).
Gw ga terlalu mengexplore kota Padang, karena selain waktu nya sempit memang lebih focus pengen ke Bukit Tinggi. Sorry, jadi ga banyak yang bisa diceritain..

11 comments:

Yuli Ani said...

ga nyekar lo???

francesca ken said...

nyekar apa mnta pesugihan?hihihi

Yuli Ani said...

emberrrrr...biar bisa punya uang banyak dan jalan2 terus..
wakakakaa...

tyas soetedjo said...

kripik sanjai nya kurang... (kurang banyak bawanya)

francesca ken said...

he eh..gw juga nyesel..enak ye ternyata

Yuli Ani said...

apaan si ini???

francesca ken said...

es duren taukk...

hendrizal piliang said...

hehehe esdurian ganti nan lamo pondok

francesca ken said...

ambo ga ngerti tuh artinyo..taunya cuma pulang kampuang..kampuang nan jauh di mato

Iken Margaretha said...

porsinya Bimo..:-))

Iken Margaretha said...

kaga mamper neh kayaknya ke Pesona....gggrrrhhhhh...