Monday, June 14, 2010

Getting Closer With The Dolphins at Kiluan Bay, Lampung


Beberapa hal yang Unik mengenai Lumba-Lumba:

1. Lumba-lumba termasuk hewan Mamalia yang cerdas, yaitu hewan yang melahirkan dan menyusui anaknya. Ada 40 jenis lumba-lumba di dunia. Mereka hidup di laut dan di sungai. Mereka bernafas melalu blowhole yang terletak di atas kepala dan menghirup udara setiap 20 smp 30 detik ke permukaan laut.

2. Bayi Lumba-lumba di sebut Calf. Dalam proses melahirkan, seekor lumba-lumba akan berputar-putar selama 1 – 2 jam, kemudian menyepi dikawal oleh 1 lumba-lumba betina atau jantan. Gunanya untuk mengusir predator (hiu) karena dalam proses melahirkan banyak mengeluarkan darah. Proses kelahirannya memakan waktu 20 – 30 menit. Dan tentu saja seperti hewan mamalia lainnya, lumba-lumba pun menyusui anaknya.


3. Lumba-lumba hidup berkelompok (pods) dan merupakan sahabat manusia. Kadang mereka membantu nelayan menggiring ikan atau menolong menuntun seseorang yang terombang-ambing di lautan menuju daratan.

4. Kulit Lumba-lumba mampu memperkecil gesekan dengan air sehingga memperkecil hambatan untuk berenang di air dan ini menginspirasi untuk membuat pakaian renang. Sistem sonar yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan juga menginspirasi dalam pembuatan radar kapal selam. Mereka menggunakan suara sebagai indra pengelihatan.

5. Saat ini lumba-lumba termasuk hewan langka so please ga usah diburu and di rekam aja pake handycam..:(


Note :
Gambar di atas saya di ambil di Teluk Kiluan, Lampung. Desa terdekat adalah Desa Kiluan di kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Perjalanan sekitar 3 - 4 jam dari ibukota propinsi. Teluk Kiluan belakangan ini booming di kalangan traveller sebagai destinasi untuk melihat habitat lumba-lumba dari dekat. Disini kita kadang-kadang harus gambling cos sometimes si lumba-lumba tidak sebanyak yang kita harapkan (meskipun sebenarnya mereka banyak sekali) dan tidak sepasti kalau melihat di Lovina, Bali :P.
Untuk catatan perjalanan and other picture, you may click here :D



*fiuhh...Finally...saya memposting sesuatu*

No comments: