Tuesday, August 12, 2008

Favourite Transportation

Untuk sarana transportasi umum saya lebih memilih naik kereta dibandingkan dengan yang lain. Buat saya kereta adalah kendaraan yang paling rendah hati.  Dengan segala keterbatasannya ( mogok, AC mati, berjubel, telat..dll) dia sangat menolong sebagian commuter (komunitas muter - muter) dengan mengurangi waktu tempuh dan kejenuhan akibat macet karena kereta mempunyai jalan sendiri (rail). doesn't mean dia pengen di exlusivekan seperti halnya Trans Jakarta yang  punya jalur sendiri sehingga mengorbankan yang lain harus bergantian di satu jalur (dendam pribadi ni kayaknya....).

Ini cerita tentang KRL alias Kereta Listrik yang biasa digunakan oleh para commuter, yaitu mereka yang tinggal di pinggiran Jakarta dan harus bekerja di kota..contohya dari Bekasi ke Jakarta menggunakan kereta AC dengan tarif min 5000 s/d 9000 kita dah bisa nglanjutin tidur dan ga terganggu sama pedagang asongan. bahkan kadang - kadang kondekturnya juga baik, kalo kita lagi 'sleep mode on" , trus tiket kita cuma diselipin di jari atau tali jam, ga bakalan dibangunin deh kita. Lagipula KRL AC ini ga berhenti sembarangan jadi mempercepat waktu tempuh. bandingkan dalam waktu 25menit kita dah sampai Gambir sementara kalo naik kendaraan roda empat dengan waktu 1 jam paling baru sampe bottle neck nya arah jakarta.

Kalau kelas ekonomi memang agak kasihan sih. pasti berjubel. ini juga harap maklum karena tiketnya sangat murah. cuma 2000 perak. jadi bagi mereka yang ga punya masalah dengan pedagang asongan,pengemis, bau keringat tapi lebih mengutamakan cepat sampai ya kereta ekonomi juga sangat berjasa. Tapi bayangin aja, udah tiketnya murah (yang AC aja murah apalagi yang ekonomi), ga kena macet eh tapi masih ada aja yang ga beli tiket..yang buang sampah sembarangan.yang coret - coret sampe nginjek - nginjek alias duduk di atap gerbong (saking ga mau beli tiket, menghindari pemeriksaan)..yaaa...gitu deh.."ndesit" susah dikasih tau.

Seperti yang sudah dikatakan untuk keterlambatan, mogok , dll adalah cuma karena keterbatasannya sebagai kendaraan impor bekas..jadi harap dimaklumi aja toh ga setiap waktu dia ngadat.

Bandingkan Hegewisch commuter train station menuju chicago ini dengan stasiun commuter juanda, jakarta pusat di atas.

Untuk lintas antar kota, kalau mau nyaman memang sebaiknya pilih kereta Executive minimal bisnis yang AC deh. Saya suka sekali traveling naik kereta, dengan berbekal bahan bacaan dan iPod, saya sama sekali tidak terganggu dengan tetangga sebelah karena iramanya yang konstan malah bikin jadi ngantuk dan selamat dari pertanyaan "turun dimana, mbak?"..(padahal udah pasti turun di station lah, mas). Paling - paling yang ngebetein kalo lagi nunggu kereta lain lewat di jalur langsiran.


Mungkin karena my first  traveling alone  adalah menggunakan kereta maka setiap ada kesempatan kalau boleh memilih saya lebih suka naik kereta. ya kereta AC sichh... Tapi sebenernya saya deg - degan juga kalau naik kereta di luar negeri. takut salah turun...(aduh tetap aja ndesitnya ga ilang...khan bisa nanya, mbak)

4 comments:

meirinda sebayang said...

Duh nek...udah lama gw gak naek kereta dalam bentuk apapun di Indo..Dulu sih masih sering naek KA Argo Gede. Terakhir naek KA dari Banyuwangi ke Surabaya..yang keinget suaranya yang Njuss..njuss..njuss..tut tut!!!!

francesca ken said...

kalo gitu dirimu mesti me - rewind kembali -..ayo kita mulai dengan kereta ekonomi yang plus ayam...

Iken Margaretha said...

tadi pagi daku naik kereta sama Bocin loooh....*oot*

francesca ken said...

kereta ape nih?secara sama bocin pasti ga mungkin tiket 2000an