Tuesday, October 28, 2008

Finally We're Free....




(prolog : ga juga sebenernya. kalau ga ada yang ngambek mungkin kita masih akan meeting along retreat kali ini setelah hampir 2 minggu mata selalu harus menatap in focus dan akhirnya kita sampai pada tahap unconcious dan seperti habis bermain tetris yang tampak dipelupuk mata cuma settingan arial size 11..)

Pulau Sanghiang, kebetulan terletak dekat tempat kita meeting kali ini, yaitu sekitar 10km dari Anyer , Propinsi Banten . Pulau ini, dapat dicapai dengan boat yang bisa kita sewa dengan harga yang lumayan (waktu itu kita sewa 2,5jt PP..yaiyalah PP..siapa juga yang mau berenang baliknya?) dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Make a good deal aja with the shipper or fisher which brings you to the island. Dengan luas kurang lebih 780HA, pulau Sanghiang -atau Sangyang -sekarang tidak lagi memiliki pantai karena pasirnya habis dikeruk dan hutan mangrovenya (bakau) habis dibabat. Ini merupakan pengerusakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang diberi ijin oleh Departemen Kehutanan untuk mengelola Taman Wisata Alam setelah status cagar alam pulau tersebut dicabut. Namun yang terlhat malahan penghancuran terumbu karang (coral reef), hutan bakau (mangrove), laguna dan pengerukan pasir di pinggir pantai yang mengakibatkan pulau ini tidak lagi memiliki pantai yang landai.
Pulau yang terletak di selat Sunda ini dahulu juga merupakan volcanic island, thats why letaknya satu komplek dengan Krakatau yang masih aktif sampai sekarang. Saat ini Pulau Sanghiang mencoba mencari perhatian dengan keindahan dasar lautnya buat yang mau snorkling. Ada beberapa tempat dimana kita masih bisa liat ikan warna warni..
Jangan lupa bawa persediaan makanan dan minum kalo kita berniat ke sini karena ga ada warung..trus kalo rencana PP sebaiknya berangkatnya jangan terlalu siang karena kalau sudah sore ombaknya besar. rugi dong udah nyewa boat mahal-mahal cuma sebentar disana..btw, kalo beruntung along the way kesana kita bisa liat lumba-lumba..and i am the lucky one.

15 comments:

aivi second said...

gak aneh kok kl ka ken narsis hehehe

Cie' Kusnan said...

aduuuh uenak sekali...
kalo gini2 mau niii diajak...

francesca ken said...

hahaha...ini khusus buat member aja...yang kebal sama meeting..

francesca ken said...

jangan begitu dong,bo' ..sama saudara..

Iken Margaretha said...

liat lumba - lumba beneran apa orang yang kelumba- lumbaan?

francesca ken said...

sumpeee....beda rasanya sama ngeliat lumba2 di Ancol..dia (si lumba-lumba itu) begitu menggoda..seperti iklan SALE di koran-koran...teteupp

Cie' Kusnan said...

bukan dikau selalu narsis sisie..??

francesca ken said...

*blushing*

yeany emilia said...

Is... gue denger2 tempatnya angker?? bener gak??

yeany emilia said...

halah... pasti lah yaw...

francesca ken said...

kalo angker banyak yang shooting "Dunia Lain "dong???

francesca ken said...

kalo gw ga posting yang beginian kagak ada yang koment..hahahaha

Yuli Ani said...

embeeeer...mungkin masih perewi kali mbak......beraninya di tepi pantai doang, tattuuut...

yeany emilia said...

gaya loe itu logh.... kikikikik...

yeany emilia said...

tuh kan Is... beneran khan.. elo kurang sensi deh...