Wednesday, August 26, 2009

Day by Day in Toraja - Day 2

OK. Seperti biasa kota Rantepao sudah mendung dari pagi. Tapi based on experience kemaren hari ini tetap semangat melanjutkan explore diToraja. Rugi dong secara nanti malam kita dah cabut lagi ke Makasar. Tujuan pertama kita hari ini adalah ke Londa. Londa adalah pekuburan berbentuk gua yang terletak di desa Sendan Uai, kecamatan Sanggalai, berjarak sekitar 7 kilometer di sebelah selatan kota Rantepao. Tempatnya agak lembab dengan jalan masuk menuruni beberapa anak tangga. Btw ini dalam gua boo..jadi gw memilih untuk meyambut kedatangan mereka aja di pintu gw, secara gw claustrophobia… Dari cerita teman-teman yang masuk, di dalam gw yang gelap dan sempit itu banyak tulang belulang dan ratusan tengkorak yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Banyak juga peti-peti mati yang masih baru. Tapi sama sekali tidak ada bau pengap . o iya , btw di pintu gua ada mas-mas yang nyewain lampu untuk masuk ke   gua..satu lampu bisa dipakai 2 – 3 org dan harganya Rp.40.000 u satu buah lampu..bisa dianter juga sama mas-2nya ..yaiyalah, siapa juga yang mau nyasar di dalam bersama tumpukan tulang belulang dan peti mati yang baru 2 minggu… Actually tujuan selanjutnya adalah kita mau ke sebuah Rante. Rante adalah tempat upacara pemakaman secara adat. Di rante terdapat puluhan atau bahkan ratusan buah menhir (batu megalit). Batu megalit atau simabuang batu ini memiliki ketinggian 2-5 meter. Rante yang kita kunjungi kali ini adalah Bori’ Kalimbuang terletak di sebelah utara kota Rantepao dan berhawa sejuk karena terletak di kaki gunung Sesean. Jiaaaa….tempatnya ciamik boo buat narcis:P.
Koq ya di dekat situ lagi ada keriaan alias wedding party jadi kita makan gretong secara Om Jhony kenal sama yang punya hajat.Perkawinan, dan membangun Tongkonan dapat di katagorikan dalam upacara adat Rambu Tuka’ atau upacara syukuran. Makasih loo, makanannya dan foto-fotonya:P. Destination terakhir hari ini adalah menuju puncaknya Toraja, atau ke Batu Momonga. Sepanjang perjalan hujan terus dan kita molor secara kekenyangan. Dari Batu Momonga ini kita bisa lihat Toraja yang elok permai, kayak lukisan apalagi sore itu kita disuguhi pelangi…
Thanks God for this perfect completely trip..

7 comments:

nasrudin ansori said...

sumpah catper nya bikin saya gigit jari..
keren bgt dah..

francesca ken said...

jiaaaa...jangan donk...khan (lagi-lagi) puasa..hehehe..thanks ya commentnya..

nasrudin ansori said...

ntar batal deh puasanya.hehe..
bener toraja adalah the one of places, i must visit before die..

Hellena Maria said...

aaaaaaaahhhhhhhhhhh keeen kaaaaaan ga masuuukk di GOA!!! wakakkakakaka :D

Yuli Ani said...

korupsi aja lu....30 rebu woi sewa petromax....

south-east star said...

mantap Tator...

Rudolf Maurits said...

asik yak, jalan2 terusss ... huhu