Friday, August 21, 2009

Knocking On "1million" Doors...

Gedung megah bergaya Art deco karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag ini dulunya digunakan sebagai kantor pusat kereta api pada jaman penjajahan Belanda. Masyarakat Semarang lebih mengenal gedung ini dengan sebutan Gedung Lawang Sewu, mengingat banyaknya jumlah pintu dalam gedung. Lawang Sewu sendiri dalam bahasa jawa yang berarti seribu pintu atau banyak pintu meskipun belum tahu kebenarannya apakah jumlah pintunya benar-benar seribu...
Sejarah mencatat bahwa gedung ini di buat pada tahun 1904 dengan mendatangkan semua material penting dari Eropa. Tahun 1907 mulai dipergunakan untuk kantor jawatan kereta api Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) kemudian kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKAI) yang kini menjadi PT Kereta Api (KA)


Just Info, Lawang Sewu terbagi menjadi empat bagian gedung, yaitu gedung A yang berbentuk L; gedung B adalah gedung di bagian belakang yang bentuknya membujur arah utara selatan; gedung C adalah gedung bagian tengah yang dulu difungsikan sebagai kantor; serta gedung D yang terdiri atas gedung-gedung penunjang seperti kamar mandi.

No comments: